Thursday 5 November 2015

Puzzle: Monyet dan Kelapa

gambar: 123rf.com

Halo, Rambutanian! Sudah lama juga blog ini enggak update cerita lagi. Daripada dibiarin kosong terus, kali ini saya / gua / ane (terserah) pengen berbagi sebuah teka-teki yang diambil dari mathforum.org. Buat yang merasa tertantang, boleh dicoba dan dibagikan jawabannya di komentar. Selamat berpikir!

Ada lima orang terdampar di sebuah pulau. Untuk bertahan hidup, akhirnya mereka memutuskan mengumpulkan kelapa sebanyak-banyaknya dari pulau tersebut. Suatu hari, mereka melihat ada kapal yang mendekati pulau. Kelima orang itu pun segera mengirim pesan lewat radio agar si kapal menjemput mereka. Lalu kapal itu menjawab,"Ya, kami akan tiba di pulau besok pagi."

Kelima orang itu pun tidur. Namun tak lama, orang pertama terbangun dan berkata, "Aku tidak percaya teman-temanku," maka dia mengambil 1/5 dari kelapa yang ada dan kembali tertidur. Lalu tiba-tiba seekor monyet datang dan mengambil 1 buah kelapa dari sisa kelapa yang ada.

Setelah itu, orang kedua juga terbangun dan berkata, "Aku tidak percaya teman-temanku," maka dia pun mengambil 1/5 dari sisanya dan kembali tertidur. Lalu tiba-tiba seekor monyet lagi-lagi datang dan mengambil 1 buah kelapa.

Pada malam itu, orang ketiga, keempat, dan kelima melakukan hal yang sama, dan seekor monyet selalu datang mengambil 1 buah kelapa setiap orang-orang tersebut selesai mengambil kelapanya.

Pagi harinya, kelima orang itu mencoba untuk membagi rata jumlah kelapa yang tersisa dengan jumlah yang sama setiap orangnya, tetapi ternyata masih tersisa 1 buah kelapa. Akhirnya mereka pun memberikannya kepada sang monyet.

Pertanyaannya, berapa jumlah awal kelapa tersebut?

1 comment: